Selasa, 01 Juli 2008

Akuntansi Vs Manajemen Keuangan

Sebagaimana yang telah di bahas sebelumnya, akuntansi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana pencatatan, dan pelaporan keuangan. Akuntansi dan manajemen keuangan sebenarnya merupakan ilmu yang berbeda, adapaun perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek.

1. Aspek Waktu

Pada ilmu Akuntansi lebih menitikberatkan pada waktu tang sudah terjadi atau yang sudah lewat karena semua pelaporan yang dibuat adalah pelaporan keuangan yang tahun lalu bukan yang akan datang.
Pada Manajemen Keuangan lebih menitikberatkan pada aspek waktu yang akan datang karena manajemen keuangan adalah ilmu yang merencanakan bagaimana mendapatkan sumber-sumber dana yang akan didapat dan pengaturan sumber-sumber dana tersebut.

2. Objek Bukti

Pada ilmu akuntansi yang dijadikan objek bukti adalah dokumen-dokumen yang terkait dengan transaksi-transaksi. Seperti voucher-voucher dan kwitansi-kwitansi.
Pada ilmu manajemen keuangan yang dijadikan objek bukti adalah uang yang ada baik fisik maupun yang ada dalam data.
Sebenarnya menggabungkan divisi keuangan dan akuntansi (pembukuan) adalah sebuah hal yang berbahaya pada sebuah perusahaan karena tidak adanya kontrol atau pengendalian yang dilakukan oleh perusahaan. Bahkan, sangat dianjurkan divisi keuangan dan divisi pembukuan adalah orang-orang yang tidak saling mengenal satu sama lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang ada antara imu manajemen keuangan dengan ilmu akuntansi. Akan tetapi karena keterbatasan waktu maka dicukupkan sampai disini.

Tidak ada komentar: